A. Gambaran Umum Tentang Food and Beverage Departement
1. Pengertian Food and Beverage Departement
Food and Beverage Departement adalah department yang bertugas dalam pengelolaan, penyediaan makanan dan minuman untuk konsumsi tamu yang menginap dan masyarakat luar yang berminat membeli. Food and Beverage Departement dibagi menjadi 2 section, yaitu:
a. Food and Baverage Service memiliki tugas dan tanggung jawab menyajikan dan melayani makanan dan minuman kepada tamu.
b. Food and Baverage Product memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengelola pembuatan atau penyiapan makanan dan minuman, mulai dari bahan mentah sampai siap disajikan.
2. Tugas dan tanggung jawab Food and Beverage Departement
Adapun tugas dan tanggung jawab Food and Beverage Departement sebagai berikut:
a. Menetapkan menu, system penyajian, strategi penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan.
b. Melakukan analisa tentang pesaing.
c. Menyusun anggaran F & B Product, F & B Service, dan stewarding.
d. Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional.
e. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung.
f. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan.
g. Menyelenggarakan briefing di dalam department.
h. Mengusulkan kepada atasan, tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food and beverage department jika diperlukan.
3. Hubungan Kitchen Section dengan section dan Department lain
a. Front Office Department
Bagian terdepan pada suatu hotel dan menjalankan operasional kantor depan hotel serta memiliki tugas atas:
1) Mengusahakan tercapainya occupancy hotel semaksimal mungkin, diusahakan tanpa mengurangi Average Room Rate sesuai dengan target perusahaan.
2) Memeriksa atau meneliti laporan statistic tamu.
3) Membina hubungan baik dengan tamu.
4) Mengurus masalah penerimaan tamu atau Check-in dan Check-out, serta memberi pelayanan kepada tamu yang membutuhkan pelayanan tentang pemesanan kamar dan tamu yang membutuhkan informasi.
5) Membuat laporan tingkat hunian dan kunjungan tamu.
b. Housekeeping Department
Food and Beverage Department memerlukan taplak meja, napkin, dan pakaian seragam karyawan yang semuanya harus dipersiapkan oleh Housekeeping Department. Selain itu, Housekeeping Department juga mempunyai tugas merawat tanaman sekitar restaurant, menyiapkan bunga di setiap meja di restaurant dan ruang meeting, membersihkan karpet atau lantai di restaurant, bar, hall, dan tempat lain yang berada dalam pengawasan Food and Beverage Department harus dibersihkan oleh seksi houseman. Housekeeping Department juga harus melaporkan perlengkapan dan alat-alat makan yang tertinggal di kamar tamu untuk selanjutnya ditangani oleh room service. Selain itu, housekeeping juga harus memberikan daftar inventory mengenai alat-alat seperti napkin, taplak meja, dll guna mengetahui berapa cadangan yang bisa dipergunakan hari ini, atau pada event-event tertentu.
c. Marketing Department
Bagian yang mengurusi perencanaan, penyusunan strategi pemasaran hotel dan mencari tamu hotel sebanyak-banyaknya dengan cara melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan, presentasi ataupun mempromosikan hotel melalui brosur-brosur, surat kabar, media elektronik, dan media cetak.
Public Relations juga termasuk ke dalam marketing department yang bertugas menyebarkan informasi mengenai keberadaan hotel dengan segala aktivitasnya yang perlu diketahui oleh masyarakat luas, dengan melakukan wawancara pers, mengeluarkan press realease, pemasangan iklan, serta menangani hal-hal yang berhubungan dengan promosi.
d. Accounting Department
Department yang bertugas mengelola dan bertanggungjawab atas keluar masuknya uang yang digunakan untuk operasional perusahaan, termasuk gaji karyawan. Accounting department mempunyai peranan penting dengan food and beverage product department yaitu dalam hal pengeluaran bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan kitchen section khususnya.
e. Purchasing
Memiliki tanggung jawab atas seluruh pengadaan dan pembelian semua kebutuhan baik bahan baku yang berkualitas dan sesuai standard, maupun peralatan yang akan digunakan di kitchen section. Karena semua itu akan mempengaruhi baik buruknya hasil produksi yang dihasilkan.
f. Store Room Section
Mengurusi gudang tempat penyimpanan barang-barang yang sudah dibeli oleh purchasing. Sebelum disimpan di store barang-barang tersebut harus diperiksa dahulu oleh receiving sebagai bagian penerimaan barang. Gunanya untuk mengecek kebenaran barang yang dibeli sesuai dengan orderan atau tidak. Setelah dicek, barang disimpan di store sesuai dengan jenis dan suhu di ruangan harus disesuaikan. Hal ini untuk menjaga agar barang tidak cepat busuk atau rusak. Saat kitchen section akan mengambil barang harus mengisi store room requisition terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
g. Steward Section
Mempunyai tugas terhadap penyediaan alat kebersihan dan alat kelengkapan lainnya, serta keamanan alat-alat yang digunakan oleh kitchen section.
h. Personalisa/ Human Resources & Development (HRD) Department
Bagian yang menangani masalah kepegawaian baik dalam bidang kesejahteraan pegawai, ataupun menyangkut masalah kelangsungan pegawai. Dalam ruang lingkup hotel, personalia dapat diartikan sebagai salah satu department dari beberapa department yang ada bertugas untuk mengontrol karyawan hotel baik dari segi penampilan, keramahan, kedisiplinan, maupun dalam hal pekerjaan secara langsung maupun tidak langsung selalu berhubungan dengan tamu. Selain itu, Human Resources & Development (HRD) Department juga merupakan suatu department hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/ trainee.
i. Engineering Department
Bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel, salah satunya kitchen section. Selain itu, engeneering juga bertanggungjawab atas operation yang efisien dan hemat dalam pemakaian energi.
j. Security Department
Bertugas atas keamanan yang di hotel dan melaporkan tamu asing yang akan bertemu dengan staff kitchen section. Security selalu memantau kegiatan yang berhubungan dengan kitchen section melalui cctv, dan apabila terdapat kejanggalan akan langsung menghubungi pihak kitchen section.